Panduan Lengkap Metode Sistem Pendukung Keputusan

sistem pendukung keputusan

Sebuah Sistem Pendukung Keputusan (DSS) adalah sistem komputer yang menyediakan pengambil keputusan dengan informasi yang relevan selain data lokal. Informasi yang diberikan oleh DSS mencakup data dari sumber lain, yang tidak tersedia secara lokal, atau terlalu mahal untuk dikumpulkan.

Sistem pendukung keputusan biasanya digunakan di perusahaan skala besar dan organisasi sektor publik di mana pengambilan keputusan yang kompleks terjadi di semua tingkatan. Sistem dapat berintegrasi dengan database lokal untuk menyediakan informasi yang tidak tersedia dalam organisasi.

Sistem Pendukung Keputusan adalah alat analisis yang digunakan untuk membantu manajer membuat keputusan dalam operasi bisnis sehari-hari mereka. Sebuah Sistem Pendukung Keputusan biasanya terdiri dari tiga bagian: database, program analitis, dan perangkat lunak antarmuka pengguna untuk monitor tampilan. Basis data menyimpan data masukan yang diperlukan untuk perhitungan.

Apa Metode DSS ?

DSS adalah singkatan dari Sistem Pendukung Keputusan. Mereka digunakan untuk membantu manusia dalam proses pengambilan keputusan. DSS penting dalam banyak bidang kehidupan kita, mulai dari perawatan kesehatan hingga manufaktur, manajemen rantai pasokan, keuangan, dan pemasaran.

Sistem pendukung keputusan sering dibagi menjadi beberapa jenis berikut:

Analytical or Decision Support Systems (DSS): ini mendukung pengguna dengan layanan analitik

Sistem Pakar: ini mengambil sejumlah besar data dan menggunakan kecerdasan buatan untuk memprosesnya

Sistem Dukungan Eksekutif: ini mengotomatiskan alur kerja dalam organisasi

Sistem Berbasis Pengetahuan: ini berisi informasi tentang topik atau area tertentu

Riset Operasi: ini melibatkan analisis statistik pada data dalam jumlah besar dan optimasi kombinatorial

Bagaimana Memilih Metode DSS Terbaik untuk Situasi Anda?

Sistem pendukung keputusan adalah solusi berbasis perangkat lunak yang menangani pemrosesan data dan pembuatan informasi. Dalam proses memilih metode DSS yang tepat, Anda perlu mempertimbangkan banyak aspek, seperti kebutuhan bisnis Anda, jenis data yang dikumpulkan dari pelanggan, dan jenis teknik analisis yang diperlukan.

Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi sejumlah metode DSS secara rinci untuk membantu Anda mempelajari apa itu dan bagaimana memilihnya untuk situasi Anda. Salah satu yang sering digunakan adalah metode weighted product, metode ini tidak cukup rumit untuk digunakan.

Kesimpulan: Maksimalkan Efektivitas DSS dengan Metode DSS yang Tepat untuk Organisasi Anda

Pada akhirnya, ada banyak metode DSS. Namun, sulit untuk mengatakan mana yang paling cocok untuk bisnis Anda. Itu semua tergantung pada jenis data yang Anda kumpulkan dan apa yang ingin Anda lakukan dengannya. Anda dapat menggunakan DSS di industri apa pun dan setiap industri memiliki kebutuhan yang berbeda dalam hal penggunaan data, seperti layanan kesehatan lebih banyak tentang catatan pasien, sementara otomotif lebih banyak tentang pengendalian kualitas manufaktur.

Beberapa orang berpikir bahwa bisnis harus mempertimbangkan untuk mengeluarkan uang untuk mempekerjakan seorang analis profesional atau ilmuwan data untuk memaksimalkan efisiensi dengan strategi data mereka.

Yang lain percaya bahwa sebagian besar perusahaan dapat melakukannya sendiri dengan alat yang tepat tanpa harus menyewa seorang ahli karena mereka dapat melakukan sebagian besar tugas sendiri dengan pengetahuan dasar tentang cara menggunakan Excel atau Google Spreadsheet.

Meskipun metode DSS adalah cara utama dalam melakukan DSS, ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih metode yang tepat. Empat jenis utama metode DSS adalah: Data Discovery, Data Warehousing, Data Preparation dan Data Presentation.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *