Oleh-Oleh Khas Wonosobo yang Bayak Dicari

Oleh-Oleh Khas Wonosobo yang Banyak Dicari

Anda pasti tahu daerah Wonosobo, bukan? Ya, daerah itu merupakan salah satu kabupaten yang berada di Jawa Tengah. Wonosobo sering dijuluki kota bunga, dengan banyak potensi wisata alam dan juga ada banyak oleh-oleh khas Wonosobo yang populer.

Anda yang berminat mengunjungi Wonosobo tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi jajanan khas disana. Tentunya anda juga wajib membawa oleh-oleh untuk dibagikan pada keluarga anda. Jika bingung memilih oleh-oleh mana yang akan dibawa pulang. Kami sudah menyiapkan rekomendasinya untuk anda.

Berikut Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Wonosobo

Karena ada banyak makanan khas khususnya oleh-oleh dari Wonosobo, kami sudah menyiapkan beberapa rekomendasinya untuk anda. Silahkan pilih oleh-oleh mana yang akan anda bawa pulang untuk keluarga.

Keripik Jamur

Wonosobo merupakan salah satu daerah yang cukup terkenal karena penghasilan jamurnya. Disini anda bisa menemukan berbagai olahan jamur, biasanya keripik jamur merupakan olahan industri rumahan. Karena hal tersebut, citarasa dari olahan itni tetap terjaga, dan menjadi salh satu oleh-oleh yang banyak dicari.

Sagon

Oleh-oleh Wonosobo yang satu ini, sudah cukup terkena di masyarakat Indonesia. Sagon merupakan olahan dari tepung sagu yang dicampur dengan parutan kelapa dan gula. Oleh-oleh ini biasanya dimasak menggunakan arang atau kayu dibakar.

Carica

Tidak lengkap rasanya jika anda tidak membawa makanan yang satu ini sebagai oleh-oleh. Bentuk yang unik seperti buah pepaya versi kecil menjadi daya tarik tersendiri. Carica bisa menjadi berbagai jenis olahan mulai dari manisan hingga sirup.

Jika anda tertarik untuk menjadikanmu sebagai oleh-oleh kami sarankan untuk membelinya di Carica Sumbing Segar. Disana anda bisa bebas memilih berbagai jenis olahan yang terbuat dari buah carica ini.

Dendeng Gepuk

Dendeng ini terbuat dari daging sapi pilihan, yang sekarang sudah bisa anda jadikan sebagai pilihan oleh-oleh khas Wonosobo. Makanan khas ini sangat cocok disandingkan dengan nasi dan sambal bajak.

Opak Singkong

Oleh-oleh ini merupakan jenis keripik yang pengolahannya dicampur kucai dan garam. Dengan cara mengolah tersebut, menghasilkan oleh-oleh khas Wonosobo yang bercita rasa gurih dan lebih asin. Untuk anda yang ingin menjadikan makanan ini untuk oleh-oleh sebaiknya memesan yang setengah matang.

Mie Ongklok

Wilayah Jawa terkenal dengan banyaknya olahan bakmi dengan berbagai caranya tersendiri, termasuk olahan bakmi dari Wonosobo ini. Mie ongklok merupakan salah satu olahan bakmi yang lezat.

Sedangkan untuk oleh-olehnya anda bisa membeli mie ongklok yang instan atau mentah, agar lebih mudah saat di bawa pulang kerumah.

Kacang Dieng

Kacang ini memiliki bentuk yang lebih besar dari kacang biasanya, sebagian warga sekitar menjulukinya dengan nama Kacang Babi. Untuk penyajian kacang ini biasanya dibalut dengan tepung dan dibumbui dengan berbagai jenis bumbu tabur sesuai dengan selera anda. Karena jenisnya makanan kering, maka kacang Dieng sangat cocok bila dijadikan sebagai oleh-oleh saat anda berkunjung ke Wonosobo.

Purwaceng

Tanaman ini merupakan tanaman herbal yang tumbuh di dataran tinggi dieng. Purwaceng memiliki banyak manfaat seperti untuk menghangatkan tubuh dan menghilangkan pegal-pegal, selain itu tanaman ini juga terkenal akan khasiatnya sebagai obat kuat di Indonesia.

Olahan dari tanaman ini sudah banyak tersebar di Wonosobo dan sangat mudah untuk menemukannya. Dengan desain wadah modern anda bisa menjadikan olahan dari tanaman ini sebagai oleh-oleh.

Jadi itulah rekomendasi oleh-oleh khas Wonosobo, semoga artikel ini bisa membantu untuk menemukan makanan makan yang akan anda pilih sebagai oleh-oleh. Selamat menikmati liburan diW, dan jangan lupa untuk menikmati makanan khasnya, ya!

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *