Jenis dan Perbedaan Turnamen-Turnamen PUBG Mobile

Turnamen-PUBG-Mobile

PUBG Mobile merupakan salah satu game yang memiliki genre Battle Royale yang sangat populer saat ini.

Game yang dikembangkan oleh Tencent Games tersebut pertama kali dihadirkan pada tahun 2018, yang kemudian hingga sekarang terus mengalami pertumbuhan yang sangat pesat baik dari segi pemain dan juga popularitasnya.

Selain jumlah Download yang fantastis, PUBG Mobile juga berhasil menorehkan prestasi sebagai turnamen dengan viewership terbanyak. Bahkan mengalahkan game besar seperti League of Legends, Fortnite dan DOTA 2.

Esports PUBG Mobile dalam 2 tahun terakhir ini memang berkembang sangat pesat. Bukan hanya dari jumlah pemainnya saja, tetapi juga ekosistem esportsnya.

Mulai dari tingkat lokal hingga skala global, ada berbagai turnamen esports PUBG Mobile yang masing-masing mempunyai tingkat prestisius dan tawaran prize pool yang berbeda-beda.

Namun, ada jenjang karir yang harus diikuti jika ingin tim esports Anda menjadi tim profesional yang benar-benar proper.

Untuk kalian yang belum mengetahui, ada 5 jenis perbedaan turnamen yang bisa kita jumpai dalam Esports PUBG Mobile. Mengetahui perbedaan kelima jenis turnamen ini juga akan membantumu menentukan agar bisa masuk ke level profesional.

Apa saja perbedaannya? Mari simak ulasan Jenis dan Perbedaan Turnamen-Turnamen PUBG Mobile berikut ini.

1. PEC: Peacekeeper Elite Championship

Turnamen Peacekeeper Elite Championship (PEC) merupakan turnamen kelas dunia untuk game Peacekeeper Elite. Namun turnamen PEC ini  merupakan versi khusus Tiongkok untuk PUBG Mobile.

Turnamen PEC ini diikuti dari 4 tim Tiongkok yang merupakan pemenang turnamen tingkat bawah, dan 11 tim luar negeri yang juga mendapatkan direct invite. Selain itu, turnamen PEC berlangsung selama 2 hari dengan 4 match yang dimainkan per harinya.

2. PMSC: PUBG Mobile Star Challenge

Turnamen PUBG Mobile Star Challenge atau yang sering disebut dengan turnamen PMSC ini cukup unik, karena turnamen ini menampilkan duet dari tim-tim tangguh yang terdiri dari 3 roster utama dengan 1 orang content creator dari PUBG Mobile.

Menariknya, dari ke 32 content creator tersebut akan melalui proses voting dari fans hingga tersisa 16 orang yang akan masuk ke masing-masing tim. Selain itu, Turnamen PMSC berlangsung 2 hari dengan total 8 match tang akan dimainkan. 

3. PMCO: PUBG Mobile Club Open

PUBG Mobile Club Open atau PMCO merupakan jenjang bagi tim semi-profesional untuk memasuki jenjang profesional.

Jadi, pesertanya juga cenderung dari tim-tim yang belum diakui di dunia esports Internasional.Kompetisi ini diadakan di berbagai regional di dunia, termasuk Indonesia.

Turnamen PUBG Mobile Club Open ini diikuti dari berbagai tim-tim Esports yang sudah terkualifikasi melalui turnamen-turnamen lokal maupun mendapatkan direct invite.

PMCO sendiri diadakan pada musim semi dan juga musim gugur, alias Spring Split dan Fall Split. Selain itu, para pemenang dari turnamen PMCO regional akan bertemu dan bertanding di babak global final.

4. PMPL: PUBG Mobile Pro League

Jika turnamen PMCO dikhususkan hanya untuk tim semi-profesional saja, maka PUBG Mobile Pro League (PMPL) merupakan buat tim yang profesionalnya.

Layaknya turnamen PMCO, turnamen PMPL ini diadakan di banyak regional dan negara dan juga diadakan dalam Spring Split dan Fall Split. 

Pemenang dari turnamen PMPL level negara ini akan mendapatkan tiket ke babak final regional, final regional inilah yang akan menentukan siapa yang menjadi perwakilan regional di turnamen PMGC.

Saat ini sedang bergulir PMPL ID Season 4 yang terdiri dari 2 event, Weekday dan Super Weekend. Berdasarkan resume dari Ponselio.com, terdapat 4 tim yang lolos ke PMPL SEA, yakni RRQ, GD, NFT, dan BTR.

Update klasemen PMPL ID di Ponselio dapat Anda cek disini.

5. PMGC: PUBG Mobile Global Championship

PMGC ini digadang-gadang merupakan turnamen PUBG Mobile terbesar di seluruh dunia.

Jika ngomongin besar kecilnya turnamen, tentu kita enggak bisa lepas dari pertanyaan: se-prestisius apa sih PMGC ini? Nah, jika mengikuti alur turnamen major PUBG Mobile, PMGC ini merupakan penutup rentetan turnamen yang ada.

Sesudah lolos dari babak League Play, 16 tim terbaik akan kembali bertanding demi memperebutkan trofi PMGC dan mendapatakan julukan atau gelar sebagai tim PUBG Mobile terbaik di dunia.

Disini ada sedikit perbedaan antara babak Grand Final dengan babak League Play, yakni:

Hal pertama yang bisa kita lihat yakni ada di jumlah match-nya.

Total match babak League Play adalah 108 match yang terbagi antara fase Weekdays 48 match dan fase Weekend 60 match. Berbeda dengan Grand Final PMGC yang cuma memiliki total 29 match saja.

Kedua, League Play PMGC terbagi menjadi 2 fase, yakni Weekend dan juga Weekdays. Poin yang dimasukkan ke leaderboard adalah poin yang didapat dari fase Weekend.

Untuk lolos ke fase Weekend, 24 tim harus bertanding untuk bisa masuk ke 16 besar di fase Weekdays.

Itulah kedua perbedaan yang membuat seolah-olah PMGC League Play dan Grand Final mempunyai sistem poin yang berbeda, dan poin yang didapat dari fase Weekdays di League Play tidak dimasukkan ke leaderboard.

Nah, mana nih yang lebih penting dari sebuah gelaran turnamen esports? Tingkat gengsinya atau besaran hadiahnya? Coba tulis pendapat kalian di kolom komentar ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *