Desain Pagar Batu Alam

pagar batu alam

Pagar rumah memiliki fungsi sebagai pemberi batas dan pengaman sebuah rumah, sehingga harus diperhatikan benar-benar pembuatannya. Desain pagar rumah sendiri banyak sekali variasinya bisa dipilih sesuai konsep dan tipe rumah yang akan diberi pagar.

Salah satu ide pagar yang bisa dipilih adalah pagar batu alam. Jenis pagar ini sendiri memiliki banyak sekali model dan pola pemasangan yang semuanya indah.

Pola Pemasangan Batu Alam

Untuk membuat pagar batu alam yang indah tentu saja harus mengetahui pola pemasangannya terlebih dahulu.

Setelah mengerti polanya, maka pemilik bangunan bisa memilih pola batu alam mana yang cocok untuk bangunannya. Berikut ini pola yang bisa digunakan dalam membuat pagar.

1. Acak

Pola acak ini dibagi lagi menjadi dua yaitu pola acak natural atau pola acak buatan. Untuk pola acak natural pemasangan tidak perlu mengubah ukuran asli dari batu alam yang digunakan. Sedangkan pola acak buatan, pemasangannya bisa dengan memotong batu alam agar lebih mudah dipasangkan.

2. Vertikal horizontal

Pola ini diberi nama sesuai pemasangannya bisa digunakan untuk pemasangan batu alam dengan pola ke atas dan ke samping sehingga tampak rapi. Penggunaan pola ini cocok untuk rumah tropis dengan desain minimalis, dengan pagar berbentuk tembok atau bidang yang luas.

3. Susun bata

Pola pemasangan ini terlihat paling rapi dan simpel, sangat cocok untuk rumah yang memiliki desain minimalis. Susun bata bisa digunakan untuk batu alam yang berbentuk persegi panjang teratur, sehingga mudah untuk disusun.

4. Susun sirih

Pola susun sirih ini memiliki tingkat kesulitan cukup tinggi karena dibutuhkan ketelitian dan kesabaran dalam memasangnya. Tukang harus tahu bagaimana pemasangan susun sirih yang benar agar hasilnya maksimal, karena butuh keuletan dan kesabaran tinggi melakukannya.

5. Koboi bandung

Pola ini seperti gabungan antara dua pola yaitu mozaik dan acak, dengan diberi nat di antaranya. Terlihat lebih rapi daripada pola acak yang murni karena ada garis nat yang membatasi setiap jeda tertentu.

6. Mozaik

Pola mozaik ini membutuhkan beberapa batu untuk membuatnya, merupakan susunan beberapa batu alam yang disusun dengan netting dan lem. Penampakan dari pola ini sangat elegan, dinamis, eksotik, klasik namun tetap minimalis.

Nah itulah beberapa pola pemasangan batu alam yang bisa digunakan dalam membuat pagar sebuah bangunan. Untuk lebih jelasnya bisa menengok ide-ide pagar batu alam sesuai pola di bawah ini.


Inspirasi Desain Pagar Batu Alam Pola Susun Bata

Pola pemasangan pagar batu alam paling banyak digunakan adalah pola susun bata karena terkesan rapi dan mudah dilakukan.

Di bawah ini ada beberapa contoh ide pemasangan batu alam dengan pola susun bata:

1. Pagar Rumah Dengan Pola Susun Bata Yang Menawan

Pada gambar di atas terlihat pagar dengan bidang yang luas pada samping rumah menggunakan batu adesit. Batu alam adesit disusun dengan menggunakan pola susun bata sehingga terlihat sangat rapi juga simpel. Ditambahkan tumbuhan bamboo air di depannya membuat kesan alami semakin terasa pada pagar rumah ini. Pagar seperti ini sangat cocok untuk rumah tropis dengan desain minimalis.

2. Pagar Rumah Dengan Pola Susun Bata Kombinasi

Pada gambar di atas terlihat pagar rumah yang dibuat dari batu adesit dan kombinasi dengan semen yang sengaja tidak difinishing. Pagar terlihat begitu eksotis dengan warna gelap asli sebuah batu adesit yang memang memiliki warna asli sebuah batu. Pagar ini terlihat sangat kokoh dan elegan sehingga nanti pasti membuat rumah secara keseluruhan terlihat semakin mewah.

3. Pagar Rumah Dengan Pola Susun Bata Kombinasi Batu Bata

Ide dari pagar rumah yang satu ini ingin menonjolkan keindahan dari batu alam berwarna krem yang dipasang dengan pola susun bata. Desain yang minimalis dengan pemasangan satu jenis batu alam saja membuat kesan yang simpel namun tetap elegan. Kombinasinya dengan batu bata yang dibiarkan terekspos membuat kesan eksotis dan klasik pada pagar depan rumah ini.

4. Pagar Batu Adesit Pola Susun Bata Kombinasi Besi

Batu adesit memang sering kali menjadi pilihan utama saat membuat pagar rumah, karena memiliki karakteristik yang awet dan kokoh. Sehingga batu alam ini seringkali dijadikan pilihan utama membuat pagar, apalagi yang memiliki bidang luas seperti pada gambar di atas. Pagar di atas mengkombinasikan batu dengan besi sebagai pintu pagarnya.

5. Pagar Batu Adesit Pola Susun Bata Kombinasi Besi Dan Kayu

Gambar pagar rumah di atas menunjukkan bahwa bisa melakukan kombinasi batu alam dengan kayu dan besi sekaligus untuk menciptakan keindahan. Batu alamnya di susun dengan pola susun bata untuk menutupi bidang yang luas, dan besi dikombinasikan di atasnya. Kemudian pintu pagar dibuat dari kayu yang dikombinasikan dengan besi agar lebih kokoh, sungguh kombinasi yang sangat menarik.

Nah itulah berbagai pola susun batu bata yang sangat cocok untuk pagar sebuah rumah yang indah. Pola bisa dipilih sesuai selera pemilik rumah atau bangunan, akan lebih baik untuk menyesuaikan konsep rumah dengan pagarnya.


Inspirasi Desain Pagar Batu Alam Pola Lainnya

Selain pola pemasangan susun bata seperti di atas, masih bayak pola lainnya yang bisa dijadikan ide pembuatan pagar.

Berikut ini contoh pemasangan dari berbagai pola batu alam yang bisa dijadikan ide untuk membuat pagar rumah:

1. Pagar Batu Alam Susun Sirih Kombinasi Besi Yang Minimalis

Dari gambar pagar di atas terlihat pagar minimalis yang dibuat dari kombinasi batu dan besi kotak berwarna hitam. Ternyata dengan mengkombinasikan batu alam yang disusun sirih dengan besi bisa menghasilkan kesan yang minimalis. Batu alam hanya digunakan pada tembok penyangga pagar besinya sehingga rumah tetap bisa terlihat dengan jelas tanpa tertutup pagar.

2. Pagar Batu Alam Minimalis Dengan Pola Mozaik

Seperti sudah dijelaskan di atas jika pola mozaik ini menggunakan beberapa jenis atau ukuran batu alam untuk membuatnya. Dari pagar diatas terlihat beberapa ukuran batu alam yang disusun rapi tanpa mengubah ukurannya, membentuk pagar yang minimalis. Pagar terlihat sangat indah dan tetap terkesan minimalis untuk rumah.

3. Pagar Batu Kewal Dengan Pola Acak

Salah satu batu alam yang bisa dijadikan pilihan dalam membuat pagar yaitu batu kewal yang memiliki bentuk tidak beraturan. Batu ini bisa dipasang dengan pola acak membentuk pagar tembok yang indah dan kokoh. Warnanya yang gelap membuat kesan eksotis pada pagar yang dibuat untuk melindungi rumah.

4. Pagar Batu Adesit Dengan Pola Horizontal Yang Menawan

Pagar batu menggunakan pola horizontal yang menawan dibuat untuk rumah yang minimalis. Penyusunan batu alam dibuat sedikit berbeda dengan pola maju mundur, membuat aksen yang tidak biasa pada pagar.


Menarik sekali bukan ide-ide pagar batu alam yang ada di atas?

Memang pagar seperti di atas selain terkenal awet juga efisien karena tidak membutuhkan pengecatan berulang-ulang dalam pemeliharaannya. Kemudian, rumah semakin tampak natural dengan pemasangan pagar batu seperti ide-ide pagar di atas.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *