Berbagi Berkah Dengan Sesama di Hari Jum’at

Berbagi Berkah

Hari Jum’at merupakan hari yang mulia bagi umat muslim. Di hari Jum’at, ada beberapa hal atau perbuatan yang bisa dilaksanakan oleh para umat muslim untuk bisa mendapatkan keutamaan di hari Jum’at.

Bahkan, hari Jum’at merupakan hari dimana Allah SWT mengabulkan do’a semua makhluk yang berdo’a kepada-Nya. Lalu, apa sajakah keistimewaan yang dimiliki oleh hari Jum’at ini? Berikut pembahasannya.

Hadits tentang Hari Jum’at

Dari hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

“Hari terbaik saat matahari terbit adalah Jum’at, di atasnya Adam diciptakan dan diatasnya dia dimasukkan ke surga. Pada hari Jum’at juga, Adam diusir dari Firdaus. Dan jam (terakhir) pada hari kebangkitan tidak akan berlangung pada hari selain Jum’at.” (HR. Muslim).

Dari Abu Sa’id A-Khudri juga menjelaskan, bahwa Rasulullah SAW bersabdaa:

“Siapapun yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum’at, dia akan memiliki cahaya yang akan membentang di antara dirinya dan Ka’bah.” (Diauntikasi oleh Al-Albani).

Salman juga menceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:

“Jika seseorang mandi pada hari Jum’at, membersihkan dirinya sendiri sebanyak yang dia bisa, mengolesi rambutnya, mengoleskan parfum yang tersedia di rumahnya, disiapkan untuk ke masjid, tidak memisahkan dua orang (untuk membuat tempat duduk untuk dirinya sendiri), melakukan banyak do’a yang ditulis oleh Allah untuknya, tetap diam ketika imam berbicara, dosa-dosanya antara Jum’at itu dan Jum’at berikutnya akan diampuni.” (AL-Bukhari).

Keutamaan Hari Jum’at

Hari Jum’at merupakan hari yang mulia. Oleh karena itu, umat muslim disarankan untuk melakukan beberapa sunnah agar mendapatkan pahala dan menambah ketakwaan kepada Allah SWT. Seperti yang dilansir pada Dakwahdaily.com, berikut ialah keutamaan dari hari Jum’at:

1. Hari yang Baik untuk Bersedekah

Meski bersedekah bisa dilakukan kapan saja, namun Jum’at merupakan hari yang baik untuk melaksanakan ibadah tersebut. Dengan bersedekah, Anda bisa mendapatkan pahala yang berlipat ganda bahkan tidak

akan terputus bagi orang yang melakukannya meski orang tersebut telah meninggal dunia. Anda bisa bersedekah dengan memberikan makan dan minum bagi siapa saja, membangun masjid dan lain sebagainya.

2. Berkah Sholat Jum’at Sama seperti Pahala Satu Tahun Sholat dan Puasa

Sholat Jum’at wajib dilaksanakan oleh para muslim laki-laki. Dan pahala yang didapatkan jika dilakukan untuk mengharap ridho Allah SWT ialah sama seperti jumlah pahala yang didapat jika melaksanakan sholat dan puasa selama satu tahun lamanya.

3. Hari Penghapus Dosa

Seperti yang diriwayatkan oleh Salam Al Farisi, Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang mandi pada hari Jum’at, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian sholat sesuai tuntundan dan diam tatkala imam berkhotbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jum’at.” (HR.Bukhari).

4. Dihindarkan dari Siksa Kubur

Orang yang meninggal dunia pada malam Jum’at atau hari Jum’at, maka ia akan terhindar dari yang namanya siksa kubur. Hal ini dijelaskan pada hadits berikut:

“Barangsiapa yang meninggal dunia di malamjum’at atau hari Jum’at terjaga dari fitnah siksa kubur.” (HR. Imam At-Tirmidzi dari Abdullah bin Amr bin Ash).

5. Waktu yang Mustajab untuk Berdo’a

Jika dibandingkan dengan hari lainnya, Jum’at merupakan waktu yang mustajab untuk berdo’a. Waktu tersebut ialah setelah ashar pada hari Jum’at. Bagi umat muslim disarankan untuk banya berdo’a dan bershalawat atas Nabi Muhammad SAW.

Begitu mulianya hari Jum’at sampai Allah SWT memberikan beberapa keutamaan pada hari tersebut. Sebagai umat muslim, alangkah baiknya jika Anda melaksanakan beberapa sunnah yang disarankan untuk dilakukan pada hari Jum’at, salah satunya ialah dengan berbagi berkah dengan sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *